Sunday, May 3, 2009

Surabaya Shopping Festival ( SSF ) | Perang Diskon

SSF ( Surabaya Shopping Festival ) hadir kembali untuk menyambut pesta HUT kota Surabaya yang ke 716. SSF kali ini rencananya kan digelar sejak tanggal 1 Mei - 31 Mei. Seperti yang selalu terjadi pada Surabaya Shopping Festival sebelumnya, maka pada SSF kali ini perang dan pesta diskon besar-besaran hingga 70% pasti akan terjadi kembali pada sejumlah pusat perbelanjaan dan Mall di kota Surabaya. Menurut Ketua Panitia SSF 2009, NEIL V. STOREY, SSF di ramalkan akan kembali menyedot perhatian masyarakat pada setiap titik pusat perbelanjaan dan Mall yang ada di Surabaya dan rencananya akan ada 4 rekor MURI yang didapatkan oleh SSF. Untuk itu segala persiapan dan pelaksanaan Surabaya Shopping Festival dilakukan dengan sebaik mungkin agar Puncak Acara Ulang Tahun kota Surabaya ke 716 bisa lebih meriah lagi.

Untuk menggenjot daya beli masyarakat, maka beberapa langkah sudah dilakukan oleh panitia SSF. Kerjasama antara Pemkot, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Surabaya Tourism Promotion Board (STPB) untuk mempromosikan kota Surabaya dan Festival belanja ini kepada banyak agen travel luar negeri menjadi sebuah langkah yang patut dihargai ditengah menurunnya daya beli masyarakat akibat krisis global yang masih terjadi. Diharapkan ada peningkatan omzet hingga 30% dari SSF tahun sebelumnya. Panitia SSF optimis bahwa penyelenggaraan Surabaya Shopping Festival kali ini akan sukses hingga berakhirnya acara. Untuk itu panitia SSF 2009 mengharapkan partisipasi dan dukungan dari warga dan tokoh masyarakat di kota Surabaya untuk mendukung kesuksesan Surabaya Shopping Festival dari tanggal 1 Mei - 31 Mei mendatang.

Sebagai salah satu masyarakat Surabaya yang baik hati, suka menolong dan tidak sombong, maka Achiles sangat mendukung acara SSF dengan berbagai program acaranya. Karena disamping memberikan sebuah kesempatan para pedagang untuk mengenalkan produk mereka, para pedagang juga mempunyai kesempatan menikmati omzet yang lebih baik lewat acara Surabaya Shopping Festival 2009 ini. Mereka mengharapkan krisis nasional dan Global serta belum adanya kepastian hasil pemilu tidak menghalangi para calon pembeli untuk datang pada SSF. Jadi lets go to party my lovely city Surabaya. Yang mau beli sepatu, baju, tas, komputer, laptop, handphone silahkan datang ke Surabaya deh, dijamin ada perang dan pesta Diskon super duper gedhe untuk anda semua :D.

Saturday, May 2, 2009

Fenomena Perkembangan Distro | Gaya Busana Remaja

Distro sudah menjadi sebuah fenomena baru yang hadir khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Keberadaan distro menjadi sebuah tren setter untuk menghadirkan gaya busana remaja dan anak muda dengan berbagai macam keunikan dan kelebihannya. Mengamati perkembangan distro di kota besar ibarat kita mengamati deret hitung yang setiap tahun selalu mengalami peningkatan yang cukup pesat. Di Surabaya sendiri saat ini sudah ada banyak Distro yang bisa kita temui, bahkan mereka hadir disetiap sudut kota dengan berbagai macam produk busana yang dibutuhkan remaja dari ujung kaki hingga ujung kepala. Melihat isi dari Distro sama halnya kita melihat perkembangan gaya busana remaja yang sedang populer pada saat ini karena apa yang di sediakan dan dilihat pada display distro, itu pula yang sedang menjadi kesukaan remaja saat ini dalam memilih model pakaian. Inilah sebuah Fenomena yang secara tidak sadar ikut meramaikan berbagai macam perubahan yang ada di Indonesia.

Secara jujur, Distro secara langsung atau tidak langsung juga memberikan dampak positif untuk perkembangan mode dan perekonomian di Indonesia. Distro bukan hanya sebagai sebuah pilihan mode pakaian namun juga menjadi sebuah pilihan dalam membuka sebuah peluang usaha baru. Dan yang cukup menggembirakan dari fenomena ini adalah pemilik sebagian besar dari distro di Indonesia adalah mereka yang masih muda. Ini akan mempunyai dampak pembelajaran kemandirian untuk bangsa Indonesia yang sudah terkenal dengan gudang sejuta anak muda tanpa pekerjaan. Keberadaan dan perkembangan distro akan membuka banyak sekali lapangan kerja yang tentu saja hal tersebut akan otomatis meningkatkan kualitas hidup rakyat. Dampak positif lain dari Distro adalah para remaja kini bisa bergaya dengan model pakaian terkini yang mereka sukai tanpa harus banyak mengeluarkan isi dalam dompet mereka. Kualitas produk dari Distro tidak kalah dengan produk yang terpampang pada butik atau tempat perbelanjaan busana lainnya.

Yang menjadi hal yang menarik lagi ketika kita berkunjung ke salah satu distro adalah penataan tempat, barang maupun tata cahaya yang di setting dengan sangat menarik. Lahan distro yang kebanyakan tidak terlalu besar dan luas bisa disulap menjadi tempat berbelanja busana yang sangat nyaman untuk para calon pembeli yang berkunjung dengan variasi warna yang menarik untuk memberi kenyamanan setiap orang yang datang untuk membeli atau sekedar mencari tahu tren busana anak muda jaman sekarang. Sepatu, baju, kaos, sabuk, dompet, topi dll di jual dengan harga yang disesuaikan dengan isi dompet remaja. Inilah yang membuat distro semakin berkembang dan semakin menarik simpati para remaja di kota-kota besar Indonesia.

Walaupun dengan segudang citra positif yang termuat dalam perkembangan Distro di Indonesia tetap saja ada sesuatu kekhawatiran yang berkembang yaitu para remaja menjadi sedikit konsumerisme dalam berbelanja sebuah produk yang mereka sukai. Kekhawatiran yang lain adalah remaja yang terlalu fokus mendandani fisik mereka semata. Namun secara keseluruhan perkembangan distro di Indonesia tetap memberikan pengaruh positif bagi perkembangan dunia fashion, gaya busana hingga membei pembelajaran tentang sebuah kemandirian mendirikan usaha.