Wednesday, March 23, 2011

First Riding Impression Yamaha New Scorpio Z 225CC


First Riding Impression Yamaha New Scorpio Z 225CC September 25, 2010

Posted by Taufik in Review ProdukTest Rideyamaha
Tags: 
trackback
Bro sekalian Hari sabtu ini 25 September, TMCblog.com, Mas tri dan Pak Edo memperoleh kesempatan riding dari Sukapura ke Savana Kawasan Bromo-Tengger. Saya (tmcblog.com) dan Mas Tri mendapat kesempatan pertama Test Ride Yamaha New Scorpio Z. Memang sejak dijakarta sudah diniatkan untuk test ride motor ini Saya pesan kepada Mas Riza dan Pak Indra Dwi Sunda.  Terus terang Ini adalah kali pertama mengendarai Yamaha Scorpio Z series. Saya memperoleh Unit Yamaha Scorpio Z Warna Merah Marooon Lagi He he he he. mengenakan dua lapis jaket, protector lutut dan siku, Sarung Tangan, dan Helm Full face. First Impressionsaatduduk di jok nya adalah masalah ergonomi . . . hmmm khas motor adventure/ cruiser dengan  bagian depan sedikit tinggi. Perjalanan dari Sukapura dipenuhi oleh tanjakan-tanjakan tajam yang di bumbui oleh kelokan tajam. Kami semua berjalan dibelakang Road captain berupa sebuah Toyota Hilux milik Polsek Probilinggo Dan saya riding persis berada di belakang Road captain . ..  jadi banyak foto-foto ridingnya bro :) .
Pembatasan Point of View
Dengan Medan tanjakan ke arah bromo, aura yang didapat adalah Adventure . . . so jadi saya nggak berniat menggali masalah Performance yakni Seperti Top speed, akan tetapi akan mengulas Variabel-variabel yang dibutuhkan pada saat menggunakan motor untuk berpetualang/Touring dengan medan pegunungan yakni masalah handling, dan traksiHandling Motor ini seperti layaknya dua motor sport >200 cc yang pernah saya pakai yakni Honda Tiger dan Suzuki Thunder 250 sangat stabil. Tidak ada terlihat godek-godek saat dibawa jalan menurun dan naik di pegunungan. Cornering Gimana? Yaaa walaupun nggak terlalu rebah . . . Traksi motor cukup nurut saat dihajar di kelokan yang dikombinasikan dengan handycap tanjakan/Turunan . . . mantaaab
Pengereman dan Suspensi
Pengeremannya gimana? Rem cakram Double piston didepan cukup pakem,  piringannya cukup lebar sehingga lebih mengoptimalkan cekraman kaliper. Rem Belakang yang masih Tromol masih kurasa cukup pakem dan Proporsional. Gimana Suspensinya? SuspensiSok depan nya cukup nyaman untuk digeber di turunan terutama . . . Sok belakangnya? Cukup Proporsional lendutannya dengan variabel rebound yang  sepertinya memang di desain untuk pemakaian Harian. Gak ada perasaan Ban Ngegasrot spatbor belakang.
Traksi
Naik di jalanan pegunungan, Traksi sangat penting. Oleh karena itu saya hanya menggunakan 3 gear dari 5 yang tersedia di motor ini. itupun gigi 3 sangat jarang digunakan.  di Gigi 1 dan 2 terasa banget motor ini Cukup Tourquekhas motor BIG SINGLE. Dengan gear rendah saya mencoba agar tidak terjadi loose power saat pergantian gear tiba-tiba, memaintenance Traksi ban, dan berusaha mengoptimalkan engine brake saat turun . . . BIG SINGLE engine Brake nya udah ketebak kan . . . mirip dijambak he he he he . . . Over All . . . New Scorpio Z cukup Layak menjadi Pilihan bro semua akan sebuah Motor sport yang untuk pemakaian Harian dan Touring/Adventure . . . nah Gimana dengan Impresi saat motor ini di geber di ajalan berpasir seperti di gurun Pasir Bromo? Silahkan tunggu Part Keduanya . ..
:roll: Taufik TMCblog, Triatmono, Edo Rusyanto
Untuk sementara silahkan dikunyah-kunyah Info dari artikel ini . . .  Mengenai Bromo sendiri . . . hmmmm sangat menakjubkan pemandangan dan suasana landscape ciptaan Allah SWT ini dan saya nggak sungkan-sungkan untuk merekomendasaikan daerah ini untuk di coba oleh bro sekalian . . . silahkan share komentar dan semoga berguna . . . salam dari SAVANA kawasan Bromo Tengger. Postingan ini Bisa Blogger Lakukan berkat kerja Luar Biasa Bro Fauzi dari Arsen  penyelenggara Jasa Internet yang Sadis banget Bikin koneksi Wifi di Padang Savana ini dan dan pak Rony Apung dari Nadyne nbeserta seluruh Kalangan Internal Yamaha yang Standby di Savana . . . mantaab

No comments:

Post a Comment